Senin, 30 Maret 2009

Daftar Dokter Anak di Solo

2nd edition (ternyata banyak juga yang membuka web ini,makanya dikasih update info nih)

Buat anak kok coba-coba, begitu juga memilih dokter buat anak kita. Kalau dokternya kelihatan "kurang cerdas" (-maaf-), tentu kita jadi was-was juga kan? saya mencoba mengutarakan beberapa dokter yang pernah saya datangi (untuk dokter anak yang lain, silahkan para pembaca menambahkan reviewnya di kolom komentar)

1. dr. Syahrir Dullah,Sp.A, praktek di Triharsi dan rumahnya di lapangan kotabarat ke timur
Berpengalaman, ramai, tapi sayang kalau kita nggak nanya-nanya dokternya nggak akan aktif
2. dr. Muh Wildan, praktek di belakang RS dokter Oen dan Rumah sakitDr.Oen
Dokter muda yang enak diajak konsultasi, kelihatanya sih cerdas, obatnya banyak yang manjur, tapi sayang terlalu mudah memberi antibiotik dan dosis tinggi. Trus kalau kita nggak ngejar dokternya juga nggak aktif, tapi kalau kita ngejar baru enak diajak konsultasi. Mungkin lebih bagus kalau sekolah lagi ngambil konsultan, saya yakin akan lebih joss gandos
3. dr. Yulidar Hafidz, Sp.A di RS Bunda lap kotabarat ke timur dikit
Dokter yang antriannya banyak banget, biasanya kalau kayak gini dokternya terpercaya alias obatnya manjur, tapi untuk penakit-penyakit yang baru ditemukan, sepertinya mending ke dokter yang masih 40-50 tahunan, he3x..
4. dr. Endang Tatar Sp.A di Jl samanhudi Sondakan, samping SINUS dan Pondok almuayad jam 7-9 pagi, dan 17.00-21.00 setiap hari dan Rumah sakit Yarsis
Dokter yang pernah kuliah dibelanda ini spesialisnya tumbuh kembang anak, liat aja dipraktekannya ada juga fisioterapis yang ahli tumbuh kembang anak. Tapi selain spesialis di tumbuh kembang saya rasa dokter seperti ini yang paling saya sukai. Tidak mudah memberi dosis tinggi, aktif ke orangtua anak, dan mau mendidik orangtua anak agar mau belajar. Jadi untuk anak-anak terutama yang sakitnya agak aneh/langka mending dibawa kesini
5. dr. Johny S, Sp.A praktek dr.Oen
Dokternya enerjik, rasa ingin tahunya tinggi, bagus sebagai konsultan. Tapi pendapat-pendapatnya kadang terlalu ekstrem
6. dr. Rusmawati, Sp.A praktek di PKU
Dokternya masih muda, ramah banget dan suka sama anak kecil. dokter yang hati-hati dalam memberi obat (baca : antibiotik). Tapi kurang pengalaman, ada penyakit yang tidak tahu, langsung dilempar kedokter spesialis lain
7. dr. Ganung Harsono,Sp.A praktek di Kasih Ibu
dokter yang ini spesialisnya anak alergi, kulit merah-merah dan lain2, tapi penyakit2 anak yang lain kayaknya kurang berpengalaman
8. dr. Yusuf Subagio, Sp.A Prof
melihat gelar Profnya pasti dokter seperti ini dokter yang mau terus belajar, dan pastinya kalau mau konsultasi juga lebih puas
9. dr. Yayah Dwi Hidayah, Sp.A praktek di Bunderan Purwosar ke selatan (sebelah warnet BIOS) jam 7-8 pagi dan sore, plus di RSUD Dr. Moewardi dan RSU Kasih Ibu
Dokternya baik, enak diajak konsultasi, namun terlalu mudah memberi advise mondok dan standart obatnya terlalu tinggi. Misal sama-sama paracetamol, memilih tempra, bukan termorex, atau sanmol yang lebih murah. Tapi karena sudah mbaca blog ini, ntar kalau periksa minta aja obatnya yang generik, kalau ga pesen gitu ya harus siap-siap merogoh kocek yang lumayan

Menurut hemat saya, kebanyakan (baca:tidak semua) dokter anak di Solo berperan sebagai pengobat (SETIAP DATANG KEDOKTER PASTI DIKASIH OBAT), bukan konsultan yang baik. Padahal tidak semua penyakit harus diberi obat, dan pasien harus dijelaskan bagaimana-bagaimana tentang penyakitnya itu. Kalaupun ada tidak tahu atau tindakan medis seharusnya diselesaikan oleh dokter anak didampingi dokter spesialis lain. Lihat saja berapa anak yang dilempar ke dokter lain tanpa bertanggungjawab. Contoh : ada anak hemangioma dilempar kedokter kulit, anak yang lehernya membesar, dilempar kedokter bedah anak, padahal seharusnya semua penanganan medis dikoordinasi oleh dokter anak.

Dan kota kecil seperti di Solo selain alat2 dan obat terbatas, kayaknya dokter-dokternya juga kurang tertantang. Karena itu pula banyak orang solo yang berobat ke semarang, jogya atau jakarta baru ketahuan penyakitnya. Menurut saya, agar tidak perlu keluar kota, para dokter harus selalu mengupgrade ilmunya agar bisa bener bener berperan sebagai dokter didaerahnya, jangan buka praktek pagi sampai malam, tapi ilmunya tidak pernah berkembang. Bukankah begitu pak dokter, bu dokter?

Mungkin saran aja untuk anak anda yang penyakitnya mungkin agak aneh, dan dokter kurang memauskan anda,sebaiknya tidak tinggal diam begitu saja, anda harus proaktif, baik itu cari 2nd opinion, atau kalau perlu ke kota besar terdekat, mungkin Jogja adalah kota yang tepat. Dan jangan pernah sekali-kali mebawa anak anda ke alternatif, apalagi paranormal, karena itu hanya menunda pengobatan tanpa dasar ilmiah yang baik.

Dijogja saya punya dokter langganan, Prof. Dr. Sutaryo, Sp.A Konsultan Hematologi dan onkologi, terkait kanker, tumor, dan darah. Dokternya juga baik banget, hati-hati, dan butuh banyak data untuk mengambil suatu keputusan. Praktek tiap hari di depan ambarukmo plaza Jam 5 sore sampai jam 7 malam (dan biasanya pendaftaran pasien terakhir jam 18.30-an) dan Klinik Perjanjian Cempaka Mulya RS Sardjito. Untuk dokter anak yang baik lainnya masih banyak, tergantung sakit apa anak anda, ada spesialis syaraf anak, spesialis jantung anak, dll. Intinya jangan mudah menyerah, dan pasrah sama dokter, apalagi kalau ngasih penjelasana yang tidak memuaskan atau terlalu menakutkan.

Masalah biaya, wahai para orangtua.. jangan pernah menunda pengobatan anak karena biaya, bagi saya lebih baik hutang di rumah sakit dan masuk penjara karena nggak bayar hutang daripada melihat anak sakit tanpa berbuat apa-apa. Anak adalah harta paling berharga. Tidak usah malu, kalau harus pake jamkesmas, disangka miskin, dihina orang, yang penting kita harus berani maju, dan jangan lupa untuk terus belajar dari internet tentang penyakit anak anda agar anda bisa mnerapkan pengobatan yang tepat bagi anak anda


oh ya, kalau ada pertanyaan, biar cepat saya bales bisa hub saya di yusuf3x@gmail.com

42 komentar:

  1. Terimakasih banyak infonya

    BalasHapus
  2. Terimakasih infonya, sebaiknya dikasih harga juga biar lebih lengkap. Kalau saya sih sejak dulu sudah langganan Yulidar, kayaknya kalau nggak kesana kok nggak marem

    BalasHapus
  3. Setahu saya kalau lagi praktek dirumah sakit (poliklinik) tiap hari tarif 55.000-60.000 untuk segala macam dokter spesialis. Untuk dokter sub spesialis biasanya 75.000-85.000

    BalasHapus
  4. Abu Muhammad20 Juni 2009 19.27

    wah njenengan banyak sekali pengalaman ke doker anak...
    terima kasih sudah berbagi info & pengalaman yg berharga buat bpk2 dan ibu2,teutama di solo & sekitarnya...

    masalah lempar2an tanggung jawab saya saya sependapat karena saya juga sering mengalaminya...

    terus kalau utuk penyakit yang langka,anda merekomendasikan dokter siapa?

    BalasHapus
  5. doain anak saya,,sakit meningo encephalistis terus jd hydrocephalus. kolaborasi dr. rusma sp.a sama dr hanis sp. bs

    BalasHapus
  6. Anak saya termasuk yang dapat penyakit langka: teratoma mature (tumor). Dibawa ke banyak dokter, dr. Ganung, dr. Harsono, dr. Ismiranti, dr. Rusmawati, diagnosanya gak ada yang tepat. Ada yang bilang gak apa2, cuma kurang gizi, ada yang bilang limpa membesar. Malah setelah USG di Klinik BS hasilnya normal semua. Waktu dateng ke dr. Yulidar baru dibilang ada tumor, setelah diminta CT scan ternyata benar. Udah besar dan terlambat......

    BalasHapus
  7. to : Anonim, saya turut prihatin, menang begitulah adanya. banyak dokter yang kurang bertanggung jawab atas keputusannya, karena nggak tau dibilang nggak apa2, kurang pekerja keras. Mungkin anda harus segera mengambil sikap, dibawa saja ke jogja atau jakarta. Semoga anak anda lekas sembuh..

    BalasHapus
  8. kalo untuk psikiater anak..dokternya sapa ya yg bagus di Solo?

    BalasHapus
  9. coba ke dokter anak dulu aja, dokter anak konsultan, ntr biar dikasih rekomendasi. Dokter anak konsultan seperti endang tatar itu

    BalasHapus
  10. makasih infonya... ada dokter anak lain seperti dr Dwi Hidayah yang praktek di kasih ibu, dr Suhut yang praktek di dr oen soba...

    BalasHapus
  11. Mungkin ibu/bapak yang pernah berkunjung ke salah satu dokter tersebut atau dokter lain dapat menceritakan pengalamannya... share please...

    BalasHapus
  12. dokter rusmawati.
    dulu anak saya batuk pilek,dipriksa paru2nya dibilang tdk apa2,paru2nya bersih.
    stelah di rontgen ternyata radang paru2.

    beliau memang hati2 sama antibiotik, tapi sering salah diagnosa. kata2 favoritnya adalah "tidak apa2" atau "paru2nya bersih tu"

    bukan saya saja yg tdk cocok,bbrp teman juga.maaf buka bemaksud menggosip,hanya share aja.

    BalasHapus
  13. dokter anak solo maaf2 saya ga ada yg cocok...mahal dan kurang joss...tapi dokter jogja yg namanya dr. roni naning, sabar aktif dan kalau meriksa hati2...ga gampang2 ngasih antibiotik...obatnya sedikit banget tapi cespleng... murah pula!

    BalasHapus
    Balasan
    1. alamat dimana ya pak/bu?

      Hapus
    2. setuju bu... saya sering bolak-balik jogja-solo hanya untuk antar anak saya periksa ke dr. roni naning.. anak saya sudah cocok sekali dengan beliau.. praktek di rs happy land selasa, kamis, sabtu dan rs jih senin dan jumat..

      Hapus
  14. untuk mslh obat sich itu tergantung dokter tersebut kerjasama dengan farmasi mana, biasanya beliau2 resepin sesuai farmasi yg mau kasi fee yg gede biar produk nya dipakai dokter,.,.,. sedangkan produk yg bagus sesuai scientifik malah jarang dipake ma dokter,.,., huft,.,. balik modal kuliah kalee yaw,..,.,

    BalasHapus
  15. kalo saya baru pindah ke solo dari surabaya..
    suami aja yg asli solo jg msh bingung rumkit en dsA yg bagus dimn? untg dpt pencerahan disini..
    anak saya 6bln ada alergi bawaan en gampang sekali mual gumoh tiap kali abis minum sofur en mkn.. dsA sby blg klo trllu bnyk lendir ditenggorokan..stlh satu minggu mual muntah hebat berkurang en emg yg keluar kebnykan dahaknya tapi mpe skrg msh srg ngerasa mual en akhirnya gumoh.. ada saran?
    mksh sblmnya.. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibu akhrinya kemana? sya juga alergi berat dan anak saya memang gampang ketularan orang lain, misal pembantu, juga gumoh, ibu akhirnya kemana?

      Hapus
  16. apa dr.Endang Tatar sama dg dr.Endang Dewi Lestari di RS.Yarsis??

    BalasHapus
  17. iya sama, tatar itu nama suaminya

    BalasHapus
  18. yang konsultan neurolog di solo siapa ya

    BalasHapus
  19. Pak, bagaimana kabar Fayruuz sekarang? Apa maksud jenengan dengan semua sudah berakhir? Alhamdulillah sudah sehat sekarang ya pak? Sakitnya itu sakit bagaimana pak?

    BalasHapus
  20. Untuk neurolog yang saya tahu di jogja, prof sunartini.

    Kabar fayruuz baik.. terimakasih.. sekarang sudah sembuh, dan jadi anak yang pinter, bahkan melebihi anak rata-rata seusianya. kasusnya termasuk langka sehingga butuh konsul kebeberapa dokter yang ahli dibidangnya. Perjalanan kami itulah yang menginspirasi saya untuk membuat blog ini karena ternyata berbahaya memilih dokter sembarangan dalam penyakit-penyakit tertentu. Untuk batuk pilek biasa sih boleh2 saja, tapi jika ada sesuatu yang berbeda sebaiknya mencari dokter anak yang sangat spesial dibidangnya

    BalasHapus
  21. dokter yulidar hafidz praktek dimana dan jam berapa ya mulai prakteknya tolong infonya donk

    BalasHapus
  22. anak saya br 3bln, dari umur 1bulanan(mulai saya mandikan) kulitnya tu merah2 terutama di bag perut.. Diwajah juga.. Katanya sih kena air susu, tp kalo diperut masa iya kena juga? Apa gak cocok sabunnya,apa telon nya, apa bedaknya. Gak tau.. Mau k dr anak bngung ke dr yg mana.. Ada usulan kah? Thx b4

    BalasHapus
  23. dokter yulidar di RS BUNDA, praktek sepertinya jam 5 sore. Alamatnya sudah ditulis diatas

    Kalau merah2 mungkin biang keringat atau alergi, kena susu itu mitos saja. Kalau yang spesialisasinya begitu dr.ganung harsono, alamat prakteknya di laweyan, depan/sekitar pom bensin baru di laweyan

    BalasHapus
  24. saya pernah punya pengalaman tidak mengenakkan dengan dr. Yulidar.
    Anak saya panas tinggi sudah beberapa hari 39 Dercel, kadang turun kadang tinggi.
    sampai disuruh opname, tapi saya punya keyakinan kuat feeling saya anak saya panas bukan krn hal yg serius sekali karena biasanya walaupun dia panas dia masih doyan makan dan minum supaya tidak kekurangan cairan. tetapi ini dia buka mulut saja tidak.
    sudah 3x dibawa ke yulidar dan diberi antibiotik yang naasnya membuat punggung anak saya jadi agak merah mlenyok sedikit dan saya yakin itu alergi antibiotik. akhirnya kembali lagi ke yulidar yang antriannya segambreng, anak tantrum, ga kondusif. saya minta cek darah untuk meyakinkan saya dan ternyata Alhamdulillah DB dan Thypus negatif. Ternyata anak saya terkena radang tenggorokan dan setelah diberikan obat oleh yulidar 2 hari kemudian sudah sembuh dan sudah makan normal.
    Kadang Yulidar itu cepet bgt bikin sehat anak tp juga kdg salah diagnosis. yah nobodys perfect.Sepertinya Obatnya juga dosis tinggi karena mahal2.
    Kalau Prof.Dr. Lukman apakah ada yg tau ttg beliau? prakteknya di depan paparons.
    Minta info segera ya ''urgent''.

    BalasHapus
  25. kalau di Jogja saya biasa dengan dr. Roni Naning, Sp.A konsultan paru-paru. Berhubung anak saya punya asma. Beliau baik, komunikatif, anak saya juga cocok sekali dengan beliau.. Mudah2an bisa membantu..

    BalasHapus
  26. Malam
    Anak saya 6th kmrn opname krn batuk sanpe sesak.. Periksadi dr fauzia kustati dan rontgen hAsilnya ada flek. Tp hrs tes mantoux utkmenentukan pengobatanselanjutnya.. Saya ingin ke dr lain yg spesialis paru anak.di solo atau jogja dr siapa n praktek dmn ya ?? Makasi

    BalasHapus
  27. mohon sarannya anak saya gejala bronchitis batuk ga sembuh2 minta sarannya klo mau kedokter anak yg bagus disolo dmn ya?

    BalasHapus
  28. kalau anak saya sdh tes mantoux hasilnya negatif bahkan kemerahan pun ga bekas suntiknya, ga pake sesek, mohon infonya...

    BalasHapus
  29. kalau tes mantoux negative berati ya negative TBC nya (flek paru)

    BalasHapus
  30. anak saya baru berumur 2.5 bulan, waktu hamil. itri saya terkena gatal2, katanya kena cabies atau kudis, stlh anak saya lahir, selang beberapa minggu, anak saya gatal kemerahan disekujur tubuh kecuali muka, sudah sy obati ke dokter kulit tp tdk sembuh2 juga, sy kasihan sm anak saya, apakah ada yg bisa merekomendasikan sy sebaiknya sy hrus ke dokter kulit atau dokter anak, kira2 siapa dokternya????terimakasih, mohon sarannya.

    BalasHapus
  31. ∂Ķΰ. Punya pnglman tdk mngenakkan dng Dr.yulidar,udh nunggunya lama,orngnya ƍ∂ķ ramah ,ankku bknyya sembuh mlh makin mnjdi batuknya...
    Jdi ak pndah ke Dr.Endang tatar..orngnya ramah,aktif,pnter...tpi kmrn pas ankku sakit dokternya lgi ƍ∂ķ ada..ўªήğ ada anaknya Dr.bagus.annku umur 3,8 th..panas kadang tinggi kdng turun,pusing,diare sama kembung..∂Ķΰ ke dokter 5 hr ўªήğ llalu..dksh obt turun panas,antibiotik,sma buat lambungnya..tpi antibiotiknya ƍ∂ķ bsa msuk sm skli krn mntah trus...skrng panasnya msh suka naek turun .diarenya dah brhnti.tpi perutnya msh kembung Dan sakit...gmn Ɣα̣̣̥α̩̩̩̩̥ .hrs ke dokter siapa,,mohon sarannya..mkshh

    BalasHapus
  32. Umau tanya untuk Prof.DR.dr SUTARYO jadwak praktekya yg di Depan Amplas jamnya jam berapa..terimakasih

    BalasHapus
  33. Pak ucup, keren buat blog ini..anamu kabare piye? sudah sembuh ya...

    BalasHapus
  34. Asslkm.anak saya umur 3th 8bln. Pernah di diagnosa dr.endang tatar phemosis dan harus d sunat krn wkt itu umurnya br 2th sy blm tega tp tiap kali pipis sy basuh dgn air bersih dan sampai skrg kl pipis tdk pernah kesakitan. Cuma yg skrg jd masalah penis anak saya kecil sekali untuk anak seusia dia.harus sy bw ke dokter mana yg tepat utk anak saya trmksh

    BalasHapus
  35. Asslkm.anak saya umur 3th 8bln. Pernah di diagnosa dr.endang tatar phemosis dan harus d sunat krn wkt itu umurnya br 2th sy blm tega tp tiap kali pipis sy basuh dgn air bersih dan sampai skrg kl pipis tdk pernah kesakitan. Cuma yg skrg jd masalah penis anak saya kecil sekali untuk anak seusia dia.harus sy bw ke dokter mana yg tepat utk anak saya trmksh

    BalasHapus
  36. Terima kasih sharenya ibu2... Sy juga kebetulan cocok dg dokter anak di Yk, Dr. Roni Naning Sp.A.. Beliau konsultan paru2, pas dg anak saya yang punya asma. Beliau tdk gampang kasih obat kalu tdk ada indikasinya.. Beliau praktek malam di RS happy land yg sy tau, sy sering bolak-balik solo-Yk utk konsultasi.. Semoga bermanfaat :-) tksh

    BalasHapus
  37. Anak saya umur 2 tahun 8 bulan, badannya kecil tp aktif bgt,makannnya jg doyan,anakkya kl jalan ga sabaran,dia sering lari meski yg dituju jaraknya dekat,tp saya khawatir dia sering jatuh jika berlari,memang kl lari kakinya nyrimpang tp masa setiap lari meski terjatuh tdak berapa lama kemudian,,sebaikkya anak saya dibawa kemana ya?trims

    BalasHapus
  38. apakah sudah dilihat bentuk kakinya? bentuk telapaknya? jika ada kelainan bawalah ke orthopedhi anak, di solo ada RS Orthopedi, biasanya akan diterapi kalau ada kelainan

    BalasHapus